Hubungi kami:


(0285) 423223

(0285) 423223-303

Free Access Jurnal Ilmiah Internasional bagi LPNK-RISTEK

24-03-2016 17:01:57

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebuah negara harus didukung oleh tingginya kualitas dan kuantitas SDM iptek. Kurangnya jumlah publikasi ilmiah internasional peneliti menjadi indikator rendahnya kualitas penelitian di Indonesia.
 
“Terbatasnya akses para peneliti terhadap jurnal-jurnal internasional yang disebabkan karena tingginya biaya berlangganan jurnal internasional,” demikian disampaikan oleh Puradwi Ismu Wahyono, Plh. Kapus BATAN. 
 
”Kementerian Riset dan Teknologi memahami masalah ini, oleh karena itu Asdep Data dan Informasi Iptek memfasilitasi kemudahan akses terhadap jurnal ilmiah ternama dari Science Direct dan Thomson Reuters. Thomson Reuters menekankan kepada tampilan tingkat citation jurnal internasional yang bertujuan untuk memudahkan para peneliti dalam memilih artikel sebagai acuan dalam melakukan kegiatan litbangnya. Bidang penelitian yang dapat diakses di Science direct meliputi 10 bidang, antara lain Engineering, Agricultural and Biological Sciences, Environmental Science, Computer Science, Energy, Earth and Planetary Sciences, Biochemistry, Genetics and Molecular Biology, Chemical Engineering, Desicion Science, Social Science. Jurnal ilmiah internasional ini dapat diakses melalui portal Pustaka Iptek-RISTEK.” Demikian ditegaskan oleh Henri Tambunan, Kepala Bidang Masyarakat, saat sesi diskusi pada acara Sosialisasi Akses Jurnal Ilmiah Internasional di BATAN Yogyakarta pada tanggal 16 April 2014, yang dihadiri oleh LPNK dari BATAN, BPPT, dan LIPI. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kalpin Erlangga Silaen-PT Netcom sebagai provider akses jurnal ilmiah internasional, sedangkan dari Thomson Reuters diwakili oleh Ivan Hodiny.
 
Dari diskusi didapatkan beberapa masukan dari peserta antara lain perlunya penambahan bidang penelitian yang dapat diakses, misalnya bidang health, nuclear technology, innovation, dan research policy dan perlunya Kemenristek untuk menambahkan jurnal baik nasional dan internasional yang dapat diakses secara mudah dan tak berbayar dari web Ristek. (ht, ad4-dep2/ humasristek/ http://jurnal-ristek.org/)